jump to navigation

powervalve(superkips)=katup variabel(vvt-i) ??? October 13, 2010

Posted by indrarr in Uncategorized.
trackback

banyak ane denger dari temen-temen kalo superkips itu sama aja dengan vvti pada mobil…benarkah ??

sepengetahuan ane yang masih nubitol ini jelas superkips dan vvti ini sangat jauh berbeda…dilihat dari cara kerja..komponen-komponennya…dan yang paling jelas dari tipe mesinnya yaitu superkips pada mesin 2tak kawasaki(rc valve pada honda,dll) dan vvti pada mesin 4tak toyota(mivec pada mitsubishi, vtec pada honda,dll). tapi sepetinya ada satu persamaan pada kedua teknologi ini…sehingga banyak orang menganggapnya sama…yaitu tujuannya…ya, tujuan dari kedua teknologi ini sama yaitu menghasilkan torsi maksimal dan menghemat bahan bakar pada putaran rendah …dan menghasilkan tenaga maksimal pada putaran atas…intinya kedua teknologi ini bekerja dengan cara menyesesuaikan pasokan bahan bakar pada putaran mesin tertentu…

berikut penjelasan secara ‘kasar’ tentang kedua teknologi ini..maklum nubitol…hehe

1. katup variabel(vvti)

camshaft pada mesin ber-katup variabel ini memiliki 2 profil cam dalam satu camshaftnya…yaitu profil camshaft yang diaktifkan pada putaran rendah…dan profil camshaft yang diaktifkan pada putaran atas…untuk  mengaktifkan kedua profil cam tersebut digunakan tabung solenoid yang akan menekan/menggeser camshaft sesuai putaran mesin…sehingga pasokan bahan bakar akan sesuai dengan putaran mesin sehingga menghasilkan torsi, tenaga dan penghematan bahan bakar…bandingkan dengan mesin mobil(motor juga) yang belum mengadopsi katup variabel…jelas mereka kurang efisien karena cam pada camshaftnya hanya memiliki satu profil yang berarti memiliki setelan pasokan bahan bakar yang sama untuk putaran bawah dan atas…

2. powervalve(superkips)

powervalve pada mesin 2tak sangatlah penting…karena kelemahan utama pada mesin 2tak adalah torsi yang buruk…sedikit akibatnya adalah pada mesin 2tak susah untuk langsam…sehingga perlu untuk mengeber-geber gas… namun dengan adanya powervalve kelemahan tersebut dapat teratasi…powervalve mengatasi kelemahan tersebut dengan cara menutup saluran exhaust pada blok mesin pada putaran <7000rpm…sehingga sisa bahan bakar yang belum terbakar pada proses pembakaran di putaran rendah tidak terbuang percuma…namun sisa bahan bakar tersebut diproses kembali sehingga dapat menghasilkan torsi yang maksimal dan penghematan bahan bakar…selanjutnya jika pada putaran atas tepatnnya 8500rpm> (7000-8500 superkips belum membuka sempurna) powervalve ini mebuka 2 batang klepnya pada saluran exhaust…sehingga menyebabkan lancar dan cepatnya proses pertukaran bahan bakar yang tentu berakibat tenaga yang dikeluarkan memuncak(dikalangan rider ninja hal ini disebut dijambak setan…wew :mrgreen )  dan juga bahan bakar yang mengucur deras pastinya…hehehe

sekian….mohon dikoreksi…

Comments»

1. Hourex - October 13, 2010

PRETAMAXXX nya Bro.. Biar awet catalitic conventernya..

indrarr - October 13, 2010

knalpot resing dong bro…catalitic convrtrnya diamankan dulu….

2. Hourex - October 13, 2010

Bingung Bro.. Takut jebol piston klo pke knalpot resing secara ni motor dah alih pungsi dari sport ke turing Bro..
Btw, kira2 knalpot merk apo yg bagus.. Ado rekomendsi ga Bro n brapo bajetnyo..

indrarr - October 13, 2010

dulu jgo tkut jebol bro…tapi dah dikomporin duluan smo tmen…hehe
btul jgo bro…mtor ku jgo dah sering turing…blok mesinnya bunyi…rrrr….rrrrr…
oleh knalpot racingkah ???

skrang lgi pake r9 bro…1,2 klo diplbang…

3. aditninjamaniac - October 13, 2010

wah sama2 warung ngebul alias 2 tak..:mrgreen:

salam kenal bro..
main ke blog ane juga yah

http://aditninjamaniac.wordpress.com/

indrarr - October 13, 2010

wehehehe salam knal jga bro…
ok deh ntar ane ubek-ubek warung ente :mrgreen

4. Hourex - October 13, 2010

Sbenernya da masalah pke knalpot resing asal jetting karbunya pas..
Na ini lah yg jd mslah saya, belum nemu toko yg redi setok PJ & MJ bwt karbu ninja sya, kos setau sya kebutuhan jetting setiap mesin beda Bro..
Sebenarnya ngiler jgo ama suara knalpot resing Bro.. GUAARIIIING..

indrarr - October 13, 2010

btul boss..ninjaku pj/mjny masih standar dar dar….
nyariny susah…disaranin pke punyo rx-king tkut ntar dak cocok..

aditninjamaniac - October 13, 2010

untuk mslh mj+pj..kemaren ni aku baru ganti karbu pake PE 28..aku sih ganti ukuran main jet+pilot jet yg lebih gedean dikit. udah gitu tes ride 10 menitan, cek busi..klo warna busi coklat2..brarti udah pas bro😀

5. aditninjamaniac - October 13, 2010

tambahan : karburator ori RR skep nya mudah cacat+bikin gas nyangkut..sebelum itu terjadi, lebih baik ganti karbu bro. Jadi yg ori tetep awet.

*ngomporin yg baru punya Ninja ahh:mrgreen:

indrarr - October 13, 2010

wkwkwkkw….
btul bro…apalgi klo musim ujan kyak skrang…gasnya ga mau balik…bahaya…
mau ganti karbu mahal…:mrgreen:

6. Hourex - October 14, 2010

@Bro Indra
pake knalpot resing tp jettingny standar apo da nyikso mesin tu.. Power mesin jgo da biso maximal Bro, bagak di suaro be dak.. IMHO..
Jd ngiri ama para ninjers di jawa, yg mudah bs dpt parts yg di maui.. Eee tapi mereka jg ngiri ama kita2( Ninja riders) di luar jawa, secara jalanan di sumatra /luar jawa dapat memuaskan hasrat sepid lover..
Mang di dunia ga da yg cmpurna ya..

indrarr - October 14, 2010

hemm…ku kurang tau jugo bro tnago ningkat atau dak…soalny baru 1 minggu mtor dah ganti knalpot..jdi kurang tau peningktannyo…
jetting standar kok biso nyikso mesin ? ap karno pasokan bahan bakar n olsamnyo kurang ?

btul bro…iri samo yang dijawo mudah dapet part…

add bro fbny…
http://www.facebook.com/profile.php?id=1831382772

7. Hourex - October 15, 2010

@ Bro indra
udah tak edd Bro.. Nunggu komprnyo..
Btw, dah pernah nyangkut / macet skipsnyo.. Olsam yg rekomend apo Bro..

indrarr - October 15, 2010

udah ditrima bro hourex..
wah wah bukan pernah lagi bro…baru dua bulanan ini superkips ku bebas macet sma sekali…
sebelum-sebelumnya tiap hari macet…rsanya mau ganti mtor …capek mcet truss..
ternyta masalhny diolsam bro…waktu tu baca2 forum ninja difb…mereka saranin pake olsam kawasaki…dan ternyta manjur jur jur…..
sebelumny pake olsam shell vsx bro…
klo bro sendri gmana ?

8. Hourex - October 15, 2010

Alhdllah Bro.. Smpe skrang belum pernah ngerasain sekalipun yg namanya s kips macet..
Emang dr pertama mpe skrang masih setia ma KGO ja tuk olsamnya kos olsam KGO kan emang khusus buat ninja Bro.. Tp rencananya mo ganti oli transmisi yg ful sintetik kro2 apo yg mantab Bro..

aditninjamaniac - October 17, 2010

idemitsu mas bro..mantab itu katanya..

indrarr - October 22, 2010

@bro hourex n adit
siplah kgo buat olsam…
tapi klo oli transmisi kyaknya petronas syntium ajib bro…

9. Hourex - October 25, 2010

@Bro adit
idemitsu tu yg oli ahm mpx tu ya.. Ato mang ad yg lain..
@Bro indra
pretonas emang brapa duit tu.. Keknya lum nampak ada di siko Bro..

10. Maskur® - November 18, 2010

Kalo VTEC itu bagimana
**males nyari***


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: